Singapore merupakan salah satu negara dengan transportasi publik terbaik di dunia. Tersedia sekian banyak  moda transportasi yang memungkinkan baik warga lokal maupun turis menjelalah negara pulau ini secara tepat guna dan tepat waktu, mulai dari MRT (Mass Rapid Transit), LRT, Bus Kota, dan taksi.

Sebagai turis, kita tidak perlu khawatir akan tersesat, sebab selain kecil, informasi rute dan tuntunan atau petunjuk jalan sangan jelas dan gampang ditemukan. Untuk banyak orang, naik MRT ialah cara yang sangat enak dan gampang untuk mengarah ke suatu lokasi, tetapi menurut saya sebenarnya mengembara dengan bus kota lebih baik karena dapat melihat pemandangan di sekeliling dan suasana di tiap distrik.

Taxi

Taksi di Singapura dikelola dengan sangat baik oleh pemerintah. Sebagai penumpang kita dipastikan akan merasakan pelayanan yang sama saat memakai taksi apapun perusahaannya. Selain itu tidak perlu khawatir* dibawa berputar-putar agar argonya makin mahal. Untuk menjadi supir taksi di Singapore sendiri sangat sulit, sebab mereka mesti menghapal seluruh nama jalan dan rute di negara tersebut, tahu rute tersingkat, sampai tahu jam-jam diberlakukannya surcharge dan road pricing.

Per Oktober 2009, tarif mula taksi ialah SGD 2.80. Kadang Anda akan dikenakan surcharge (biaya tambahan) apabila : memanggil via call centre, naik dari lokasi tertentu seperti terminal ferry atau airport, jam malam, dll.

Tips: Untuk group bertiga atau berempat, bisa jadi naik taksi justru lebih murah dibanding naik MRT apabila jarak tempuh kita tidak terlampau jauh.

Maksimal hanya boleh 4 orang yang menjadi penumpang taksi.

 

Uber dan GrabTaxi

Kata orang, bisa jadi mendapat taksi di Singapore ketika hujan hanya 1%. Jadi dapat pakai pilihan lain, yakni menggunakan aplikasi Uber. Nah, di Singapore, Uber cukup banyak drivernya. untuk versi murahnya, pilih UberX, sementara* untuk  mobil yang lebih keren, gunakan Uber Black.

 

MRT & LRT

MRT ialah pengangkut massal serta transportasi yang sangat dapat diandalkan di Singapore. Sedangkan LRT terdapat di area tertentu yang belum dicapai MRT, berbentuknya monorail dengan gerbong 2-3. MRT dikelola oleh perusahaan kepunyaan pemerintah yang namanya SMRT.

Menurut saya Singapore MRT merupakan salah satu MRT terbaik di dunia dalam hal kebersihan maupun pelayanannya.

Sebagian rute, khususnya di tengah kota, dibuat di bawah tanah (underground), dan sisanya ialah elevated. Di jam sibuk khususnya di stasiun interchange, kereta dapat sangat ramai dan penuh. Hindari perjalanan di jam 8-9 pagi dan 5-7 malam.

Tarif perjalanan dengan MRT dihitung menurut jarak/jumlah stasiun yang dilewati. Untuk jarak satu stasiun dikenakan SGD 0.60 sampai 0.80. Untuk jarak yang terjauh dikenakan ongkos hingga SGD 2. Kita boleh bebas tukar line asalkan belum keluar dari ticket gate.

Ada dua macam teknik pembayaran; point-to-point yang berarti Anda cuma beli ticket untuk satu perjalanan, dan satu lagi ialah menggunakan EZ-Link card. Kartu ini ialah* kartu chip yang dapat dipenuhi* dengan saldo tertentu (top-up). Nilai minimum yang bisa di top-up ialah SGD 10 dan maksimum SGD 100. Membayar point-to-point jatuhnya bakal* lebih mahal dibanding memakai* EZ-Link card.

Kartu EZ-Link bisa dibeli dari ticket office di seluruh stasiun atau dari ticket machine. Jika antrian ticket office panjang, lebih baik kita beli langsung dari ticket machine, tinggal ikuti petunjuk di layar kemudian masukkan duit kertas atau coin SGD, kartu akan terbit dari mesin. Sisa saldo di dalam kartu bisa dimintakan refund ketika Anda hendak pulang dari Singapore, atau ditabung untuk kedatangan berikutnya.

Changi Airport pun juga dilayani oleh MRT (jalur hijau). Lokasinya terletak di Terminal 2. Ikuti papan petunjuk "Train" saat Anda baru tiba dan keluar dari Arrival hall dari terminal mana pun.

Bus

Tidak semua area dicakup oleh jalur MRT. Bagi warga umumnya, perjalanan ke kantor ditempuh dengan bus kota dari rumah/apartemen mengarah ke stasiun MRT terdekat, baru dilanjutkan dengan naik kereta MRT. Jika kita tidak terlalu memburu waktu, bus kota menawarkan pemandangan di sepanjang jalan.

Ada sejumlah perusahaan bus yang mengoperasikan bus di Singapore, tetapi pelayanan, ongkos dan sistem yang digunakan ialah sama. Kartu EZ-Link dapat digunakan di seluruh bus, pastikan Anda mengerjakan tap / sentuh ke mesin pembaca kartu ketika naik maupun ketika turun. Tarif ditentukan oleh banyaknya halte bus yang sudah dilewati.

 

Walaupun menghafal nomor bus lumayan sulit, tersedia buku panduan rute bus yang bisa dibeli di stasiun atau toko buku. Selain itu ada juga aplikasi iPhone atau PDA phone yang bisa Anda download guna mendapatkan rute bus. Yang sangat mudah ialah menggunakan aplikasi Google Maps untuk menggali nomor bus.

Selain itu Anda dapat menggali rute bus dengan mendatangi website SBS Transit.

Tarif bus dihitung menurut jarak, tarifnya dapat dilihat di papan di masing-masing halte bus. Jika kita naik MRT kemudian sambung dengan bus (biasa dalam selang 30 menit dan mesti naik dari halte bus selama MRT Station), tarif bus bakal lebih murah lagi.

 

Sumber : https://javamilk.com/panduan-jalan-hemat-ke-singapore/transportasi-di-singapore/